Engineering Departement, Purchasing Departement, Accounting Departement, Personalia (Human Resources Departement) & Security

Engineering Departement

Engineering adalah sebuah departement di hotel yang bertugas melaksanakan kelancaran pemasangan dan pemeliharaan gedung dan bagian lainnya. Juga beranggung jawab atas kerusakan kecil yang berada di kamar-kamar maupun dimana saja.Engineering adalah sebuah departement di hotel yang bertugas melaksanakan kelancaran pemasangan dan pemeliharaan gedung dan bagian lainnya. Juga beranggung jawab atas kerusakan kecil yang berada di kamar-kamar maupun dimana saja.Seksi yang berada dibagian Engineering adalah : – Planing and ConstructionSeksi yang bertugas mengurus perencanaan dan konstruksi bangunan hotel – ElectricSeksi yang mengurus pengadaan dan pemeliharaan instalasi dan arus tenaga listrik- MechanicsSeksi yang bertugas mengurus peralatan dan perlengkapan yang bersifat mekanik atau mesin- Water TreatmenSeksi yang bertugas mengurus penyediaan air bersih untuk keperluan tamu dan karyawan.

Purchasing Departement

Purchasing adalah bagian yang bertugas dan bertanggung jawab atas pelaksanaan pembayan dan penerimaan barang yang diperlukan hotel.Purchasing adalah bagian yang bertugas dan bertanggung jawab atas pelaksanaan pembayan dan penerimaan barang yang diperlukan hotel.Purchasing dalam melakukan tugasnya dibantu beberapa seksi, yaitu :
– Seksi Pembelian (Purchasing)Bagian yang bertugas mengurus pembelian barang-barang hotel yang diperlukan untuk menunjang kinerja oleh hotel. Seksi ini dipimpin oleh seseorang manager.- Seksi Penerimaan Barang (Receiving)Bagian yang bertugas mengurus penerimaan dan penyeleksi yang masuk ke hotel- Seksi PergudanganBagian yang bertuga mengatur penyimpanan barang-barang digudang. Seksi ini dipimpin oleh Store Manager.

Accounting Departement

Departement ini bertanggung jawab atas segala hal yang berkaitan langsung dengan membayakan hutang kepada supplier, gaji karyawan, membiayai ongkos-ongkos operasional dan lain sebagainya, atau biasa dibilang masalah administration hotel Departement ini bertanggung jawab atas segala hal yang berkaitan langsung dengan membayakan hutang kepada supplier, gaji karyawan, membiayai ongkos-ongkos operasional dan lain sebagainya, atau biasa dibilang masalah administration hotel Seksi-seksi dalam Accounting :- Accounting Office Kantor pusat yang melaksanakan penyusunan, peencatatan, peratalan, dan keuangan dalam accounting diantaranya :1. RestaurantBagian yang mengurus penghasilan dan penjualan2. Income AuditorBagian yang mencatat semua pemasukan dari seluruh departement3. General CashierBagian yang bertugas sebagai penerimaan pemasukan dari tempat lain4. Iccont PayableBagian yang bertugas sebagai juru bayar5. Book keeperBagian yang betugas mencatat keluar/masuknya uang,baik itu transaksi kredet/check6. Pay MasterBagian yang bertugas mengurus segala sesuatu transaksi pembayaran secara cash7. General AccountingBagian yang bertugas mencatat semua aktifitas kegiatan accounting.

Personalia (Human Resources Departement)

Personalia bertanggung jawab dalam ketenaga kerjaan karyawan ataupun training di hotel tersebut. Termasuk di dalamnya adalah kesehatan, keterampilan, pemeliharaan, moral serta peningkatan pengetahuan karyawan tersebut.Personalia bertanggung jawab dalam ketenaga kerjaan karyawan ataupun training di hotel tersebut. Termasuk di dalamnya adalah kesehatan, keterampilan, pemeliharaan, moral serta peningkatan pengetahuan karyawan tersebut.Tugas dan tanggung jawab dari bagian ini adalah :- Pelatihan pegawai baru- Pengadaan tenaga kerja- Pemutusan hubugan kerja (PHK)- Pengangkatan pegawai- Cuti karyawan- Surat peringatan karyawan- Pembayaran gaji dan lembur karyawan

Security

Departement ini bertanggung jawab dalam keamanan dan memelihara keamanan serta ketertiban didalam ruang gedung hotel tersebut. Mereka mempunyai tugas dalam pengawasan pada area hotel, keamanan barang milik tamu atau pun milik hotel, keselamatan tamu dll.Departement ini bertanggung jawab dalam keamanan dan memelihara keamanan serta ketertiban didalam ruang gedung hotel tersebut. Mereka mempunyai tugas dalam pengawasan pada area hotel, keamanan barang milik tamu atau pun milik hotel, keselamatan tamu dll.Tugas & Tanggung Jawab Masing-masing Jabatan di Departemen Keamanan (Security) adalah :- Chief Security (Sec. Manager)• Mengembangkan metode untuk meningkatkan kebijakan keamanan, proses,  praktik, dan merekomendasikan perubahan manajemen• Mengelola desain dan pengembangan pelatihan khusus untuk membimbing petugas keamanan dan orang lain melalu keputusan keamanan dan tindakan
– Ass. Security Manager• Melaporkan kegiatan sehari-hari dari staff keamanan & keselamatan dalam perlindungan pengunjung, staff, pelanggan, dan properti saat tidak adanya Security Manager• Melakukan tindak lanjut investigasi laporan kegiatan kriminal dan pelanggaran standar keamanan
– Security Supervisor• Mengawasi secara teratur karyawan lain.• Merencanakan jadwal kerja• Mengajar dan memberlakukan peraturan keselamatan di tempat kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *