Kamis, 15 Agustus 2019

Sejarah Pramuka – Berbicara mengenai kepramukaan di seluruh dunia, orang-orang sering kali mengaitkan dengan nama sesosok laki- laki tangguh. Laki-laki tersebut ialah Lord Robert Baden Powell of Gillwell. Beliaulah yang mendirikan gerakan Pramuka di dunia. Sejarah Pramuka di dunia dan Indonesia berawal dari negara Inggris.

Pada tahun 1961, terdapat sekitar 100 organisasi kepanduan di Indonesia yang terbagi menjadi 3 federasi organisasi. Yaitu, Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia, Ikatan Pandu Indonesia dan Persatuan Putera Puteri Indonesia.

Kemudian pada tanggal 14 Agustus 1961 Gerakan Pramuka dikenalkan pada masyarakat Indonesia dnegan resmi. Oleh sebab itu, Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus.

SMK Mahadhika 3 – Rabu, 14 Agustus 2019 dalam Memperingati HUT Pramuka yang Ke-58 melaksanakan berbagai kegiatan dan perlombaan, adapun kegiatan dalam memperingati HUT Pramuka ke-58 ini dimulai dengan kegiatan Upacara yang di mulai pukul 07.45 wib yang diikuti oleh seluruh civitas yang ada di SMK Mahadhika 3 Jakarta.

 

 

Adapun petugas upacara dalam memperingati HUT Pramuka yang Ke-58 ini adalah para anggota dewan ambalan SMK Mahadhika 3 Jakarta, yang bertindak selaku Pembina Upacara Bapak Abdul Rochim, S.Ag, MM dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada petugas upacara yang bertugas pada HUT Pramuka yang ke-58 ini yang sudah mempersiapkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, tak lupa juga ucapan terima kasih kepada peserta upacara yang sangat antusias untuk mengikuti kegiatan upacara ini dan juga kepada bapak/ibu guru yang sudah mengikuti upacara ini. Beliau menyampaikan kepada kita semua agar bisa mengamalkan isi dari Dasa Darma Pramuka dalam lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat luas.

Dasa Dharma Pramuka Pramuka itu :

  1. Takwa kepada tuhan yang maha esa
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
  3. Patuh dan suka bermusyawarah
  4. Patriot yang sopan dan kesatria
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin terampil dan gembira
  7. Hemat cermat dan bersahaja
  8. Disiplin berani dan setia
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Selain kegiatan upacara dalam rangka memperingati HUT Pramuka Ke-58 diadakan juga perlombaan diantaranya ada lomba Paralon Bola, Batanpra, KIM, Smapore dan Morse. perlombaan berjalan dengan lancar.

 

 

Terus berkarya Dewan Ambalan Pramuka SMK Mahadhika 3 Jakarta…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *