Public Area, Room, Laundry, Linen dan Uniform, Florist, F & B Service, Front Office & Sales and Marketing

Public Area, Room, Laundry, Linen dan Uniform, Florist, F & B Service, Front Office & Sales and Marketing

Public Area

Seksi yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menjaga kebersihan, kerapihan, keindahan dan kenyamanan seluruh area hotel, baik yang ada di area luar hotel ataupun di dalam, antara lain lobby area, restroom, meeting room dan fasilitas untuk karyawan.

Room

Seksi yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk mempersiapkan dan menjaga kebersihan, kerapihan dan kelengkapan kamar tamu.

Laundry

Seksi yang mempunyai tanggung jawab untuk menyediakan linen – linen yang bersih untuk keperluan kamar, restaurant dan meeting room. Selain itu, laundry juga menyediakan seragam bersih bagi karyawan dan membersihkan pakaian tamu yang kotor.

Linen dan Uniform

Seksi yang bertanggung jawab untuk mengelola sirkulasi dan penyediaan seluruh linen dan uniform bagi karyawan dan tamu yang ada di hotel.

Florist

Seksi yang bertanggung jawab untuk memelihara dan merangkai bunga – bunga yang segar untuk memperindah dekorasi dalam hotel.

Food And Beverage Department

Departement ini bertanggung jawab atas penjualan makanan dan minuman direstoran dan room service, dan juga mempersiapkan, menghias, dan menyajikan makanan kepada tamu.Departement ini bertanggung jawab atas penjualan makanan dan minuman direstoran dan room service, dan juga mempersiapkan, menghias, dan menyajikan makanan kepada tamu.F&B Departement terbagi atas :1. KitchenBagian ini bertugas dalam menghasilkan dan mempersiapkan makanan baik dalam restoran atau kamar-kamar. Department ini dipimpin oleh executive chef2. RestaurantBagian ini bertugas dalam melayani dan menyajikan makanan dan minuman pada tamu3. Room ServiceBagian ini bertugasa dalam melayani pesanan makanan dan minuman tamu melalui telephone dan mengantarnya ke kamar tamu sesuai dengan pesanan

Front Office

Front Office, adalah salah satu departement di sebuah hotel yang berada di begian depan merupakan pintu gerbang dari hotel itu sediri sehingga mudah diketahui dan di hubungi tamu yang secara oprasional berhubengan langsung dengan tamu. Peranan Penting Front Office di hotel :Front Office, adalah salah satu departement di sebuah hotel yang berada di begian depan merupakan pintu gerbang dari hotel itu sediri sehingga mudah diketahui dan di hubungi tamu yang secara oprasional berhubengan langsung dengan tamu. Peranan Penting Front Office di hotel :- Merupakan wakil dan management (Management receptiontative- Orang yang mampu menjual kamar (Sales Person)- Pemberi Informasi (Information Giver)- Penyimpanan Data (Recoun Keeper)- Dapat melakukan secara diplomatis (Diplomatic Agent)- Pemecah Masalah (Problem Solver)
Adapun seksi Front Office Departement yaitu :- InformasiBagian yang dipimpin oleh seorang supervisor yang bertugas memberikan informasi mengenai fasilitas dan pelayan hotel- ReceptionBagian ini juga dipimpin oleh seorang supervisor yang betugas memberikan pelayanan seperti menerima tamu check in dan check out, menunjukan kamar, dan memberikan kunci kamar kepada tamu- Bellman (Bellboy)Bagian yang dipimpin oleh bellcaptain yang bertugas membantu mengangkut barang” milik tamu pada saat check in ataupun check out- RegistrationBagian yang dipimpin oleh reservation manager yang bertugas mengatur akomodasi bagi tamu yang memesan tempat menginap- Front Office Cashier Bagian yang dipimpin oleh chief cashier yang bertugas melaksanakan penerimaan uang dari atau kepada tamu- Telephone Operator Bertugas melaksanakan hubungan antar tamu hotel dengan pihak luar atau sebaliknyaSale and Marketing

Sales and Marketing

Departement ini bertanggung jawab dalam mengenalkan hotel dan produk-produknya kepada masyarakat. Keberhasilan dan penjualan produk hotel tergantung pada usaha sales and marketing. Departement ini dipimpin oleh seorang marketing manager atau marketing direktur. Departement ini dibagi menjadi :Departement ini bertanggung jawab dalam mengenalkan hotel dan produk-produknya kepada masyarakat. Keberhasilan dan penjualan produk hotel tergantung pada usaha sales and marketing. Departement ini dipimpin oleh seorang marketing manager atau marketing direktur. Departement ini dibagi menjadi :- PromotionsBerfungsi untuk mengurus kegiatan yang berhubungan dengan promosi hotel.- SalesSeksi ini mempunyai tugas pokok mengurus segala kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran dan penjual produk hotel.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *