Senin, 06 November 2017, SMK Mahadhika 3 Jakarta bersama dengan Staf Teritorial Direktorat Hukum Angkatan Darat, mengadakan acara Ceramah Wawasan Kebangsaan dengan tema ” Bela Negara ” salah satu upaya menangkal pengaruh Proxy War.

Ceramah Wawasan Kebangsaan ini disampaikan Staf Teritorial Direktorat Hukum Angkatan Darat di Aula SMK Mahadhika 3 Jakarta, ia menjelaskan saat ini Indonesia menghadapi Proxy War ( Perang Proksi ).

Untuk menangkal proxy war, beberapa langkah dapat ditempuh segenap elemen bangsa, di antaranya tidak mudah terpengaruh budaya asing dan arus globalisasi, berpikir jernih namun kritis saat melihat hal-hal yang aneh, menjadi tokoh dan contoh di lingkungan masing-masing.

Proxy War adalah perang yang terjadi ketika lawan kekuatan menggunakan pihak ketiga sebagai pengganti berkelahi satu sama lain secara langsung. Perang ini melalui berbagai aspek berbangsa dan bernegara. Tidak terlihat siapa lawan atau kawan. Aktor proxy war adalah non-state, tetapi dikendalikan oleh negara.

Sehubungan dengan hal tersebut, perlu penguatan 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. Empat pilar tersebut meliputi, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pancasila.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *