PROSEDUR MEMBERSIHKAN KAMAR VACANT DIRTY

PROSEDUR MEMBERSIHKAN KAMAR VACANT DIRTY

  1. Memasuki kamar (entering the room)Ketuk pintu kamar atau bunyikan bel dengan mengucapkan salam (greeting)
  2. Buka tirai (open the window drapies)Bukalah jendela dan tirei, agar udara segar atau cahaya matahari dapat masuk kamar.
  3. Perhatikan dengan seksama (take a good look)Perhatikan seluruh keadaan dalam kamar, terutama kamar yang telah ditinggalkan oleh tamu, bila ada barang atau fasilitas yang hilang oleh tamu yang telah menginap dikamar itu.
  4. Matikan semua perlengkapan berlistrik Padamkan semua lampu nola yang masih menyala, serta matikan televise,radio, atau alat listrik lainnya yang tidak dapat digunakan.
  5. Pembersihan (clear up)Gantungkan semua pakaian tamuyang berserakan dalam kloset. Kemudian bersihkan semua asbak, gelas, nampan, termos air dan sampah di buang ke tempat sampah (perhatikan agar tidak ada punting rokok yang masih menyala)
  6. Periksa kerusakan (checking demages)Periksa semua perlengkapan bila ada yang rusak segera dilaporkan ke kantor housekeeping untuk segera mendapat perbaikan engineering.
  7. Pengumpulan linen kotor (gathering soiled linen)Kumpulkan semua linen kotor.Untuk mengangkat seprei kotor diatas tempat tidur, harus satu persatu untuk menghindari kemungkinan ada barang tamu tertinggal diatas tempat tidur agar mudah diketahui.Dan perhatikan mungkin pelindung kasur kotor dan harus diganti dengan yang bersih.
  8. Langkah-langkah efektif (saving teps)Setelah menaruh linen yang kotor kedalam trolley bag, kembali masuk ke dalam kamar dengan membawa linen bersih, perlengkapan kebutuhan tamu dan perlengkapan kebersihan sesuai kebutuhan .
  9. Penataan tempat tidur (making bed)Mengetahui semua linen perlengkapan tempat tidur dan pemasangannya disesuaikan dengan standar penataan tempat tidur di hotel tersebut.
  10. Pembersihan debu (dusting)Cara pembersihan debu yang baik adalah mendahulukan tempat-tempat yang diatas seperti langit-langit,dinding, jendela, mebel, lantai atau karpet dan tempat sampah. Bagian-bagian yang kotor tetapi tidak kelihatan harus diperhatikan. Bila membersihkan meja ada barang barang tamu,usahakan jangan sampai berubah. Tetap pada tempatnya.
  11. Penggantian perlengkapan tamu (changing guest supplies) Menambah dan mengganti semua perlengkapan kebutuhan tamu di dalam kamar tidur baik yang rusak maupun yang dipakai tamu.
  12. Memasuki kamar mandi (entering the bedroom)a. Bawalah perlengkapan pembersih kamar mandi.b. Ketuk pintu kamar mandi,karena ada kemungkinan ada tamunya di dalam.c. Buka pintu bila tertutup dan nyalakan lampud. Angkat semua linen perlengkapan kamar mandi yang kotor sekalian sampahnya.
  13. Pembersihan bak mandi (cleaning the bath tub and shower)a. Bersihkan semua dinding bak mandi,ventilasi, wadah sabun, kepala pencuran air, dank ran air.b. Membersihkan tirai penutup shower, dudukan shower dan rak gantung handuk.c. Mencuci bak mandi dan pembuangan air secara keseluruhan.
  14. Pembersihan area wastafel (cleaning the wash basin)a. Bersihkan kaca cermin kamar mandi dan tissue.b. Mencuci semua gelas,termos air,nampan dan asbak (semua gelas disimpan tertutup dan termos diisi)c. Membersihkan wastafel, kran air secara keseluruhan.
  15. Pembersihan toilet duduk dan bidet (cleaning toilet bowl & bidet)a. Bersihkan bidet secara keseluruhan.b. Membersihkan tempat duduk toilet dan penutupnya serta badan toilet.
  16. Melengkapi perlengkapan tamu (completed guest supplies)Melengkapi semua perlengkapan kamar mandi meliputi semua handukdan perlengkapan tamu (guest supplies)
  17. Pembersihan lantai kamar mandi (cleaning bath room floor)a. Menyapu, membuang sampah dan mencuci tempat sampah.b. Menyikat dan mengepel lantai serta membersihkan pintu kamar mandi
  18. Pembersihan pintu masuk (cleaning the enterance door)Bersihkan pintu secara keseluruhan yang meliputi daun pintu,kusen pintu, lampu petunjuk bahaya,gagang pintu dan kunci pengaman,
  19. Pembersihan lantai atau karpet kamar (cleaning the floor an or vacuuming the carpet)Perhatikan apabila membersihkan lantai baik mengepel maupun menyedot debu karpet,ambillah langkah yang paling jauh dahulu agar lingkungan yang sudah dibersihkan tidak lagi terinjak. Perhatikan sudut-sudut dan kolong-kolong tempat tidur jangan dilupakan.
  20. Pemeriksaan terakhir (last checking)Periksa kembali sebelum meninggalkan kamar.- Mungkin jendela belum dikunci, AC belum dijalankan, memadamkan lampu yang masih menyala.- Mungkin juga fasilitas kamar kurang lengkap,atau letaknya salah.- Mungkin juga ada alat-alat kerja yang tertinggal.- Tutuplah pintu dengan meyakinkan diri bahwa sudah terkunci.Prosedur pembersihan kamar perlu diperhatikan sedemikian rupa untuk memastikan semua bagian didalam kamar tidak ada yang terlewatkan. Pembersihan harus dilakukan secara detail termasuk kerapihan,kelengkapan amenities dan kebersihan. Pekerjaan utama dalam proses pembersihan kamar terdiri dari preparation (persiapan),process (proses), dan finishing (pengecekan).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *