MPLS SMK Mahadhika 3 Jakarta 2017/2018

Kamis, 10 Juli 2017, MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ) Siswa Baru di SMK Mahadhika 3 Jakarta, Sedang mendapatkan pengarahan bapak Suyoto ( Kepala Pengawas SMK  Jakarta timur ) yang di dampingi oleh Kepala Sekolah  SMK Mahadhika 3 Jakarta bapak Abdul Rochim, S.Ag

Seiring dengan dimulainya tahun pelajaran baru yaitu Tahun Pelajaran 2017/2018, SMK Mahadhika 3 Jakarta melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi calon siswa/siswi peserta didik baru SMK Mahadhika 3 Jakarta di lingkungan SMK Mahadhika 3 Jakarta.

Kegiatan di laksanakan selama 3 hari  yang bertempat di lingkungan SMK Mahadhika 3 Jakarta Jl. Manunggal II Rambutan, Ciracas – Jakarta Timur, kegitan di mulai dengan upacara pembukaan kemudian dilanjutkan dengan penyematan tanda pengenal bagi calon peserta didik baru oleh bapak Abdul Rochim, S.Ag, M.M selaku Kepala Sekolah SMK Mahadhika 3 Jakarta.

Adapun materi yang akan di sampaikan dalam pelaksanaan kegiatan Masa pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) diantaranya mengenai :

  • Perkenalan Struktur Organisasi Sekolah
  • Materi Wiyata Mandala
  • Materi Tata Tertib Sekolah
  • Materi Pengenalan Kurikulum 2013 (K-13)
  • Materi Kepramukaan
  • Kegiatan PBB
  • Materi Kesadaran Berbangsa dan Bernegara
  • Materi Prilaku Hidup Bersih dan Sehat
  • Materi Pendidikan Karakter dan Pembinaan Mental
  • Materi Front Office

Selain Materi ada juga Games yang dilaksanakan dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ini diantaranya :

  • Games Cup yaitu games estapet Cup, tiap-tiap kelompok harus mengumpulkan gelas cup sebanyak-banyaknya dengan menggunakan sumpit dengan cara estapet antar anggota kelompok lalu cup yang sudah terkumpul disusun menjadi bentuk piramida.
  • Games Karet yaitu games estapet karet, tiap-tiap kelompok harus mengumpulkan karet sebanyak-banyaknya dengan menggunakan sedotan dengan cara estapet antar anggota kelompok.
  • Games Balon duduk yaitu games menduduki balon hingga meletus, tiap-tiap kelompok harus mengumpulkan balon sebanyak-banyaknya dengan estapet balon antar anggota melewati kedua kaki, anggota paling akhir harus biasa menduduki balon hingga meletus secepat mungkin.
  • Games Kursi DPR yaitu games yang bertahan menduduki kursi, caranya tiap-tiap kelmpok mengutus satu orang, hingga jumlah peserta lomba 15 orang dan disediakan 14 kursi, peserta merebut kursi tersebut dengan diiringi music supaya tidak tersisih bagi yang tersisih dianggap kalah, hingga peserta games tersisih menjadi 1 bertahan mendapatkan kursi terakhir.
  • Games Kursi DPR yaitu games yang bertahan menduduki kursi, caranya tiap-tiap kelmpok mengutus satu orang, hingga jumlah peserta lomba 15 orang dan disediakan 14 kursi, peserta merebut kursi tersebut dengan diiringi music supaya tidak tersisih bagi yang tersisih dianggap kalah, hingga peserta games tersisih menjadi 1 bertahan mendapatkan kursi terakhir.

Dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) juga ada kegiatan Tour school yaitu pengenalan lingkungan sekolah mulai dari Lab. Komputer, Ruang Bendahara, Ruang Guru, Ruang Mushola, Ruang Perpustakaan, Ruang Front Office dan restaurant, Ruang Kitchen, F&B Service dengan bimbingan Bpk. Suyatno,S.E dan Demo Food Product dengan bimbingan Bpk. Soediharto, S.E serta Ruang Housekeeping dengan bimbingan Bpk. Ngadikan S.E. Tiap-tiap kelompok didampingi 2 Guiding Panitia MPLS untuk memberi penjelasan dan arahan dalam mengunjungi setiap  ruangan.

Sampai juga acara penutupan MPLS diikuti oleh seluruh peserta MPLS dan panitia beseta dewan guru. Panitia dan Dewan guru meresmikan calon peseta didik T.P 2018/2019 resmi menjadi siswa-siswi SMK Mahadhika 3 Jakarta dengan simbolis mengenakan almamater sekolah yang diberikan oleh Kepala sekolah kepada peserta didik baru dan diakhiri penerbangan balon udara. Kegiatan MPLS tahun ajaran 2017/2018 resmi ditutup.

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMK Mahadhika 3 Jakrta Tahun Ajaran 2017/2018 berjalan lancar, panitia MPLS bekerja sesuai tupoksinya. Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana pra sarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. Salah satu fungsi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah memperiapkan siswa sebagai warga sekolah yang baik melalui pengenalan sekolah dan lingkungannya, serta peraturan yang berlaku di sekolah. Dengan pelaksanaan MPLS ini, terjadi peningkatan pemahaman dan partisipasi siswa dalam mendukung terwujudnya sekolah sebagai lingkungan pendidikan, yakni sebagi tempat proses pembudayaan kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kabar Lainnya