Room Attendant

Kualitas pelayanan room attendant harus memenuhi standart yang ditetapkan hotel sehingga ia dapat dikatakan sebagai karyawan yang kompeten dan profesional dalam bekerja. Terdapat lima dimensi kemampuan yang harus dimiliki seluruh karyawan hotel,termasuk room attendant dalam memengaruhi kualitas pelayanan yang diberikan, yaitu sebagai berikut.
  1. Keandalan (Reliability) Dimensi ini mencakup pemberian pelayanan yang tepat, akurat, dan memuaskan. Dimensi ini juga merefleksikan bahwa karyawan hotel mampu memberikan pelayanan yang baik sejak tamu pertama kali datang. Akibatnya, kesan pertama (first impression) tamu terhadap hotel menjadi baik juga dan tamu akan percaya pada hotel tersebut.
  2. Daya Tanggap (Responsiveness) Dimensi ini mencakup keinginan untuk membantu tamu dan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat. Dimensi ini juga merefleksikan persiapan karyawan hotel yang maksimal sebelumnya memberikan pelayanan. Ditambah lagi, jika ada keluhan dari tamu, karyawan hotel juga tanggap dalam menyelesaikannya.
  3. Kompetensi (Competency) Dimensi ini mencakup keterampilan yang harus dimiliki dan dibutuhkan seorang room attendant sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada tamu.
  4. Sopan Santun (Courtesy) Dimensi ini mencakup penerapan nilai moral dalam memberikan pelayanan kepada tamu. Seluruh karyawan hotel harus menunjukkan sikap sopan santun dan pembawaan diri yang ramah saat berhadapan langsung dengan tamu.
  5. Empati (Empathy) Dimensi ini mencakup pemberian perhatian yang tulus kepada tamu ketika tamu membutuhkan sesuatu atau saat tamu menyampaikan kritik dan sarannya.
  6. Keterampilan Komunikasi (Communication Skill) Dimensi ini mencakup pemberian informasi kepada tamu menggunakan bahasa dan pemilihan kata yang mudah dimengerti sehingga tamu dapat menerima informasi dengan jelas.

Leave a Comment

Your email address will not be published.